Konten [Tampil]
SEARCH ENGINE OPTIMIZATION
A. Pengertian SEO (Search Engine Optimization)
Search Engine Optimization atau SEO adalah sebuah teknik yang mengoptimasi untuk meningkatkan posisi dan juga visibilitas sebuah website dalam search engine atau mesin pencarian. SEO ini penting untuk pemilik bisnis produk maupun layanan dengan tujuan meningkatkan awareness dan juga pelanggan atau pun pengunjung web yang ingin mencari sesuatu yang dituju, situs yang sudah di optimasi dengan SEO akan lebih mudah ditemukan dan berada di posisi teratas. SEO termasuk dalam cakupan dunia marketing dimana lebih tepatnya adalah digital marketing. Hampir seluruh perusahaan yang melakukan pemasaran, pasti akan menggunakan SEO juga. Berdasarkan sumber data dari PR Newswire, keuntungan penyedia layanan SEO tahun 2025 diprediksi akan mencapai 83,7 miliar dollar dan CAGR sebesar 19,6%. Dengan begitu, SEO terdapat banyak manfaat yang diperoleh dan juga SEO mampu untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas traffic yang berkunjung ke situs yang dimiliki.
Berdasarkan data diatas, Google merupakan satu-satunya mesin pencarian (search engine) yang paling sering dan banyak digunakan di dunia dari tahun 2010 hingga 2022. Oleh karena itu, SEO yang dilakukan pun umumnya pada mesin pencarian tersebut. Karena pengguna Google memiliki lebih banyak potensi untuk menjaring calon pengunjung situs-situs website. Selain itu, jangkauan audiens yang didapat akan semakin luas.
B. Jenis-Jenis SEO
Terdapat beberapa jenis SEO yang biasa digunakan oleh para pemasar:
1. On Page SEO
On page SEO bertujuan untuk mengoptimasi konten yang terdapat pada situs web perusahaan serta berfungsi meningkatkan ranking. Selain itu, cakupan yang dilakukan dalam On page SEO, yaitu optimasi kata kunci atau keyword, headings, meta description, URL Structure, dan judul atau title.
2. Off Page SEO
Off page SEO melakukan perannya dalam optimasi elemen yang diluar lingkup internal web. Jenis SEO ini fokus pada backlink yang berperan untuk promosi. Tidak hanya backlink, Off page SEO juga dapat melakukan brand building, social media marketing, dan guest blogging.
3. Technical SEO
Pada jenis SEO ini, Technical SEO berperan untuk bagaimana cara meningkatkan fondasi situs, konfigurasi web agar lebih mudah terlihat dan dikenali oleh search engine atau mesin pencari. Oleh karena itu, jika memiliki teknis yang baik, search engine atau mesin pencari dapat menemukan konten lebih mudah. Search engine yang digunakan biasanya adalah Google.
C. Manfaat SEO bagi Bisnis
Adapun manfaat yang di dapat apabila menerapkan SEO (Search Engine Optimization) pada website bisnis yang dimiliki adalah sebagai berikut:
1. Memudahkan calon pelanggan untuk menemukan website
Dengan menggunakan Search Engine Optimization situs-situs bisnis yang dimiliki akan tertampil di halaman pertama pada search engine seperti Google. Posisi tersebut tentu berpengaruh terhadap traffic pada situs, karena menurut penelitian sebanyak 75% orang tidak akan mengganti ke halaman kedua dan seterusnya pada Google.
2. Meningkatkan penjualan bisnis
Para pemilik bisnis dapat menghasilkan lebih banyak calon pelanggan saat menggunakan SEO dibandingkan saat menggunakan strategi marketing konvensional. Karena dengan SEO, situs bisnis yang dimiliki dapat menjangkau target konsumen dengan lebih luas dan efektif.
3. Menjaring target konsumen yang tepat
SEO dapat membantu pemilik bisnis untuk membidik dan menentukan kata kunci yang sesuai dengan tujuan calon pelanggan dalam menelusuri keyword tertentu. Apabila bisnis yang dilakukan berada di bidang fashion, maka situs tersebut dapat memuat informasi-informasi yang berguna bagi calon pelanggan tentang fashion yang sedang trend saat ini. Selain itu, dengan bantuan dari algoritma Google yang dapat menentukan rekomendasi konten pada halaman pencarian calon pelanggan yang sesuai dengan karakteristiknya. Misal nya dari histori penelusuran, lokasi, dan lain-lain.
4. Membangun brand awareness pada konsumen
Semakin sering situs bisnis tampil pada halaman pertama pencarian Google, maka semakin besar pula brand awareness yang akan didapatkan. Hal tersebut karena apabila seorang calon pelanggan menemukan konten yang dibuat pada situs bisnis sebanyak 3-5 kali, maka calon pelanggan akan mulai tertarik dan percaya dengan brand yang dimiliki.
5. Menjadi investasi jangka panjang
Dengan membangun traffic yang tepat pada SEO, dapat membuat situs bisnis bertahan untuk waktu yang lama. SEO juga mampu memperbesar kesempatan bisnis, karena hasil pencarian yang relevan dapat mempengaruhi keputusan pembelian calon pelanggan.
D. Penerapan Search Engine Optimization menggunakan Ubersuggest
Adapun dalam menerapkan SEO, kami menggunakan tools Ubersuggest untuk membantu menciptakan traffic pada website PD Klasik. Ubersuggest merupakan alat Search Engine Optimization (SEO) yang dibuat oleh Neil Patel dan didedikasikan untuk setiap user yang memiliki website untuk dapat menjadi yang terbaik di search engine. Agar setiap website memiliki traffic yang baik tentu harus mampu dalam menerapkan SEO yang tepat. Salah satu konsep strategi yang bisa diterapkan adalah dengan memperhatikan pengambilan “keyword” yang banyak di search oleh user. Tidak hanya dalam memperhatikan “keyword”, tapi juga kemampuan suatu bisnis dalam memantau dan memodifikasi eksekusi yang dilakukan oleh pesaing hingga mampu mengalahkannya.
Untuk mengimplementasikan tools Ubersuggest dalam meningkatkan Search Engine Optimization (SEO) dan content ideas dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut:
Langkah 1
Mengunjungi website https://neilpatel.com/ubersuggest/ dan Sign in untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap.
Langkah 2
Setelah melakukan Sign in dan melengkapi data, tampilan dashboard akan tertera seperti gambar dibawah. Sebagai langkah awal kita akan berfokus pada menu disebelahkiri yaitu “keywords” dan masuk pada pilihan “keyword overview”.
Langkah 3
Pada pilihan menu “keyword overview”, kita dapat memasukkan kata kunci yang kiranya dapat mendukung optimalisasi pada website. Dikarenakan PD Klasik merupakan sebuah UMKM yang bergerak di bidang fashion khususnya penjualan jaket maka kami memilih kata kunci “jaket kulit”. Mengapa kata kunci tersebut? dikarenakan berdasarkan hasil riset kami jaket kulit merupakan jaket yang paling laris dijual oleh PD Klasik selama berdirinya. Penjualannya mengalahkan produk PD Klasik lainnya seperti jaket varsity, jaket kain dan sebagainya. Oleh karena itu, fokus kami disini adalah mengembangkan inovasi untuk jaket kulit dengan bantuan SEO. Pada gambar dibawah, kita juga dapat melihat beberapa result. Contohnya search volume yang merupakan hasil pencarian dalam kurun waktu 1 bulan, kemudian ada CPC (Cost per click) dan lainnya. Mengingat tools yang kami gunakan adalah versi “gratis” tentu fitur yang dapat digunakan sangat terbatas, namun demikian tetap dapat mendukung proses SEO dan planning untuk ide konten. Selanjutnya, pada gambar kedua ubersuggest juga dapat menampilkan grafik pencarian pada “keyword”. Dimana terjadi peningkatan pencarian pada desember 2021 memasuki tahun 2022, dan pencarian “keyword” tersebut terus stabil hingga bulan April 2022.
Langkah 4
Pada langkah 4 ini akan dilakukan analisis terkait dengan “keyword ideas”. Jadi Ubersuggest akan memberikan rekomendasi keyword yang memiliki total pencarian terbanyak selain keyword jaket kulit yang menjadi fokus utama kami sebelumnya. Contohnya pada rekomendasi tersebut terdapat keyword “jaket kulit wanita”. Ini menjadi suatu insight baru bagi kami, selain mendapatkan rekomendasi keyword juga sebagai pertimbangkan untuk melakukan development product.
Langkah 5
Langkah terakhir yang akan dianalisis adalah content ideas. Fitur ini berguna bagi PD Klasik dalam proses pembuatan artikel yang tentunya berkaitan dengan jaket kulit. Sehingga dapat melihat artikel yang memiliki potensi kunjungan dan share terbesar sehingga dapat melakukan pemantauan dan modifikasi untuk pengembangan konten artikel pada website agar lebih dapat dioptimalkan dengan baik.

No comments:
Post a Comment